Sunday 10 August 2014

Hikmah Romadhon

Term untung rugi banyak ditemui didalam  Al Quran
fitri adalah berbuka atau kondisi awal penciptaan, Kata fitri berasal dari kata afthara – yufthiru [arab: أفطر – يفطر], yang artinya berbuka atau tidak lagi berpuasa. Disebut idul fitri, karena hari raya ini dimeriahkan bersamaan dengan keadaan kaum muslimin yang tidak lagi berpuasa ramadhan.

 'idul adalah....aada – ya’uudu [arab: عاد – يعود], yang artinya kembali. Hari raya disebut ‘id karena hari raya terjadi secara berulang-ulang, dimeriahkan setiap tahun, pada waktu yang sama. Ibnul A’rabi mengatakan,
سمي العِيدُ عيداً لأَنه يعود كل سنة بِفَرَحٍ مُجَدَّد
Hari raya dinamakan id karena berulang setiap tahun dengan kegembiraan yang baru. (Lisan Al-Arab, 3/315).
Ada juga yang mengatakan, kata id merupakan turunan kata Al-Adah [arab: العادة], yang artinya kebiasaan. Karena masyarakat telah menjadikan kegiatan ini menyatu dengan kebiasaan dan adat mereka. (Tanwir Al-Ainain, hlm. 5). (sumber: http://www.konsultasisyariah.com/istilah-salah-terkait-idul-fitri-bagian-02/)

Ramadhan tahun 1435H di sepuluh hari terakhirnya menjadi malam ganjil semuanya karena tidak bersamaamnya awal puasa

Doa paling tua/purba, doa nabi Adam AS dalam mengakui kesalahan dan memohon ampunan Allah, do'a masuk tempat baru dari nabi Nuh.

Sumber kebahagiaan: Dalam lingkungan ketaatan, keluarga taat, tetangga taat, teman kerja taat. Tempat kerja dekat dengan keluarga. Anggota keluarga secara fisik dan batin dekat.

No comments:

Post a Comment